Rabu, 21 September 2016

Teknologi Leap Motion




Leap Motion Controller adalah perangkat USB kecil yang dirancang untuk ditempatkan di sebuah desktop. Menggunakan dua kamera IR monokromatik dan tiga LED inframerah, perangkat mengamati daerah sekitar yang berbentuk setengah bola dengan jarak sekitar 1 meter (3 kaki).  Penggunaan Leap Motion ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol komputer tanpa menyentuhnya, cukup menggerakan jari di depan sensor Leap Motion.

Teknologi Leap Motion pertama kali dikembangkan pada tahun 2008 di saat pendiri David Holz sedang belajar untuk gelar Ph.D matematika. Setelah investasi awal, Holz mendirikan perusahaan pada tahun 2010 dengan teman masa kecilnya Michael Buckwald. Mereka mengembangkan perangkat mirip Microsoft Kinect namun diklaim memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi. Tujuan David Holz dan Michael Buckwald adalah menggantikan fungsi keyboard dan mouse serta memungkinkan pengguna menjelajahi komputer hanya dengan gerakan jari.

Cara kerja Leap Motion adalah dengan menciptakan ruang 8 kaki kubik interaktif yang mampu mendeteksi jari, tangan, dan gerakan lengan. Teknologi Leap Motion memang serupa dengan Kinect, namun Leap Motion ini jauh lebih canggih dan akurat, hal ini karena perbedaan metode kerja yang digunakan Kinect dengan Leap Motion. David Holz dan Michael Buckwald mengatakan bahwa Leap Motion adalah suatu lompatan teknologi yang menguntungkan bagi sistem komputer dan sistem operasi. Leap Motion dapat melakukan hal apapun yang dapat dilakukan oleh mouse. Leap Motion juga menyediakan Software Development Kit (SDK) untuk membantu pengembang menciptakan aplikasi atau game berbasis Leap Motion.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar