Minggu, 25 September 2016

Membuat Abstraksi Huruf Cetak Menggunakan Adobe Illustrator

Huruf cetak menjadi simbol yang sangat mudah dikenali dan huruf cetak dapat diekspresikan dengan berbagai macam gaya variasi serta bentuk font. Sehingga dengan huruf cetak tersebut, desainer akan terbantu dalam mengekspresikan berbagai macam bentuk gaya dengan makna yang pasti. Berikut cara-cara pembuatan abstraksi huruf cetak pada Adobe Illustrator :

1. Setelah membuat New Document atau halaman kosong, maka dapat memilih atau melakukan select pada Type Tool (T) di Tools Box yang tersedia di bagian kiri Adobe Illustrator.


2. Kemudian menulis huruf sesuai dengan keinginan, untuk project ini menggunakan dua huruf yatu ‘G’ dan ‘T’.


3. Format huruf dapat diganti sesuai keinginan. Gambar box tersebut berada di bagian atas Adobe Illustrator. Character yang dibuat menggunakan font Ar Essence dengan ukuran 72 pt.


4. Untuk dapat merubah atau mengkonversi font menjadi path, maka dapat dilakukan dengan cara select pada type font dan membuat outline (ctrl + shift + o). Kemudian melakukan ungroup untuk memisahkan kedua huruf tersebut dengan cara klik kanan pada type font dan pilih ungroup.


5. Kedua huruf tersebut dapat dirubah ataupun dipindahkan sesuai keinginan, sehingga pada gambar tersebut huruf ‘T’ digabungkan pada bagian bawah huruf ‘G’.


6. Melakukan select pada Direct Selection Tool (A) di Tools Box yang tersedia di bagian kiri Adobe Illustrator.


7. Direct Selection Tool dapat digunakan untuk merubah atau mengedit path pada font dengan cara melakukan selection pada bagian tertentu dari huruf sehingga dapat merubah bagian bawah dari huruf ‘T’ seperti gambar di bawah.


8. Melakukan select pada Pen Tool (P) di Tools Box yang tersedia di bagian kiri Adobe Illustrator.


9. Pen Tool dapat digunakan untuk membuat sebuah garis atau bidang. Pada gambar di bawah ditambahkan sebuah bidang berbentuk segitiga di bagian kanan huruf ‘T’ dan dua buah bidang persegi panjang di bagian kanan huruf ‘G’.


10. Menambahkan sebuah lingkaran di bagian luar huruf ‘G’ dan ‘T’ dengan menggunakan ketebalan garis sebesar 7 pt.


11. Melakukan copy and paste pada gambar sebelumnya dan merubah warna pada fill dan outline sehingga membentuk ruang positif dan ruang negatif yang berbeda dari gambar sebelumnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar