Minggu, 25 September 2016

Digital Audio Workstation (DAW)

DAW adalah sistem elektronik yang satu-satunya dirancang untuk proses rekaman, editing dan play back digital audio. DAW disebut tape-less, sistem yang berbasis mikroprosesor seperti Synclavier. Perangkat DAW saat ini berjalan pada komputer dengan perangkat interface audio.

Dengan sistem DAW (Digital Audio Workstation) ini, kita dapat memiliki sebanyak mungkin Compressor, Reverb, atau plug in lainnya selama sistem yang kita miliki dapat memenuhi. Dibandingkan dengan pada jaman analog, dimana kita harus membeli banyak unit compressor, reverb, EQ, dan lain-lain. Hal inilah yang menyebabkan semakin populer nya studio rekaman digital, tentunya dengan harga terjangkau dan kualitas yang professional.



Berikut ini daftar 6 software DAW :
1.      Image-Line Studio
Fungsi dari software ini membuat kita mampu untuk menghasilkan PlayList Clips Live menggunakan mouse, layar sentuh, tombol QWERTY atau MIDI Controller dan fungsi Plugin-nya yang sudah update.

2.      Ableton Live
Versi 9 dari Ableton Live dapat memperkuat fungsi yang ada sebelumnya dan menambah beberapa fitur-fitur baru. Fungsi pada MIDI telah mengalami perbaikan, hasil konversi audio pada MIDI sangat baik, serta browser baru yang disediakan memiliki fungsi pencarian yang efektif dan efisien.

3.      ProSonus Studio One
Versi terbarunya SO2 menawarkan beberapa manajemen proyek yang luar biasa dan integrasi fitur-fitur yang berjalan. CD yang disediakan untuk penguasaan dan persiapan pembuatan projek juga sangat kuat.

4.      Apple Logic Pro
Versi terbaru dari perangkat ini menggunakan Apple’s Juni or DAW dengan tujuan supaya perangkat ini dapat dikompetisikan dengan perangkat-perangkat lain seperti Ableton live.

5.      Sony Creatives Software Acid
Software ini merupakan karya yang revolusioner di awal peluncurannya di tahun 1998. Saat ini fitur-fiturnya semakin diperkuat sebagaimana versi terbaru dari perangkat ini muncul (versi 7), perangkat ini juga sudah mampu mengatur MIDI.

6.       Apple GarageBand
Versi terbaru dari perangkat ini diluncurkan tahun 2012. GarageBand ’11 menambah banyak fitur seperti Logic’s flex time dan Groove Matching Technology. Fitur pembelajaran juga sudah diperbarui dan menjadikannya sebagai perangkat DAW satu-satunya yang dapat mengajari kita bermain gitar dan piano.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar