Jumat, 23 September 2016

Membuat "Scenes" pada Game Salad


Scenes merupakan suatu hal yang penting dalam sebuah permainan. Kita dapat membuat sebuah scene untuk menu awal dalam permainan, tingkat permainan individu, dan akhir dalam sebuah permainan. Aktor dalam sebuah scene dapat ditempatkan menggunakan layer.  Layer mampu memberikan visualisasi yang baik dalam sebuah permainan, kita juga dapat membagi aktor menjadi sebuah kelompok dengan menggunakan layer tersebut (depan atau belakang layer lain).

Untuk menambahkan Scenes baru, kita dapat menekan tombol Home dan kemudian menekan tombol '+' di bagian kiri bawah atau klik tombol “Scenes” pada menu navigation. Untuk menyalin sebuah scenes yang ada, tekan  'pilihan' ("alt") dan tarik salinan scenes yang ada ke lokasi yang diinginkan dalam daftar scenes. Untuk menghapus scenes, cukup klik dan tekan "Delete" atau "-" tombol di bagian kiri bawah.

Tahap – tahap membuat Scene :

1. Membuat scene baru dan nama-nama scene.


2. Atribut dalam “Main Scene” dengan size standart yaitu 320x480, tidak menggunakan Wrap X dan Wrap Y serta gravitasi. Menggunakan warna merah muda serta menggunakan autorotate yaitu “Landscape Left”.


3. Tampilan Rules pada “Main Scene”. Dalam semua kondisi, saat mouse di tekan pada aktor saja, maka scene akan berpindah ke scene selanjutnya atau “Scene 1”, dalam aktor di “Main Scene” memiliki display text yang bertuliskan “Scene 1” dengan font “Verdana”.


Berikut tampilan beberapa aktor dalam library.


4. Atribut dalam “Scene 1” dengan size standart yaitu 320x480, tidak menggunakan Wrap X dan Wrap Y serta gravitasi. Menggunakan warna abu-abu tua serta menggunakan autorotate yaitu “Landscape Left”.


5. Tampilan Rules pada “Scene 1”. Dalam semua kondisi, saat mouse di tekan pada aktor saja, maka scene akan berpindah ke scene selanjutnya atau “Scene 2”, dalam aktor pertama di “Scene 1” memiliki display text yang bertuliskan “Scene 2” dengan font “Verdana”.


6. Tampilan Rules pada “Scene 1”. Dalam semua kondisi, saat mouse di tekan pada aktor saja, maka scene akan berpindah ke scene sebelumnya atau “Main Scene”, dalam aktor kedua di “Scene 1” memiliki display text yang bertuliskan “Main Scene” dengan font “Verdana”.


7. Atribut dalam “Scene 2” dengan size standart yaitu 320x480, tidak menggunakan Wrap X dan Wrap Y serta gravitasi. Menggunakan warna coklat tua serta menggunakan autorotate yaitu “Landscape Left”.


8. Tampilan Rules pada “Scene 2”. Dalam semua kondisi, saat mouse di tekan pada aktor saja, maka scene akan berpindah ke scene sebelumnya atau “Scene 1”, dalam aktor pertama di “Scene 2” memiliki display text yang bertuliskan “Scene 1” dengan font “Verdana”.


9. Tampilan Rules pada “Scene 2”. Dalam semua kondisi, saat mouse di tekan pada aktor saja, maka scene akan berpindah ke scene awal atau “Main Scene”, dalam aktor kedua di “Scene 2” memiliki display text yang bertuliskan “Main Scene” dengan font “Verdana”.


Tampilan “Main Scene” saat dijalankan.


Tampilan “Scene 1” saat aktor yang bertuliskan “Scene 1” ditekan.


Tampilan “Scene 2” saat aktor yang bertuliskan “Scene 2” ditekan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar